TENDON

A. PENGERTIAN TENDON
     Suatu perpanjangan dari pembungkus fibrosa yang membungkus setiap otot dan berkaitan dengan periosteum jaringan penyambung yang mengelilingi tendon, khususnya pada pergelangan tangan dan tumit. Pembungkus ini dibatasi oleh membran synovial yang member lumbrikasi untuk mempermudah pergerakan tendon.

B. GAMBAR TENDON

C. STRUKTUR DAN KOMPONEN TENDON
1. Fibril Kolagen
    Struktur terkecil penyusun tendon. Bersifat padat, kuat, dan fleksibel.
2. Tropokolagen
    Kumpulan fibril yang membentuk fibril kolagen.
3. Mikrofibril Kolagen
    Kumpulan tropokolagen.
4. Subfibril Kolagen
    Kumpulan dari mikrofibril kolagen.
5. Endotendon
    Lapisan pelindung serat kolagen.
6. Serat Kolagen
    Gabungan dari fibril kolagen yang dilapisi lapisan pelindung.
7. Bundel Serat Kolagen Primer (Sub-fasicle)
    Gabungan dari serat kolagen dan dilapisi oleh endotendon.
8. Bundel Serat Kolagen Sekunder (fasicle)
    Gabungan dari serat kolagen primer dan dilapisi endotendon.

D. FUNGSI TENDON
1. Membantu terjadinya gerakan yang mudah, bebas, efektif, dan efisien
2. Kontraksi (pemendekan)
3. Relaksasi (pemanjangan )

E. TIPE TENDON
1. Insersio
    Tendon yang menempel pada tulang dan dapat bergerak.
2. Origo
    Tendon yang menempel pada tulang dan tidak dapat bergerak.

F. GANGGUAN PADA TENDON
1. Cedera tendon Achilles (Achilles tendinitis)
    Achilles adalah tendon terbesar di kaki kita. Tendon ini menghubungkan 2 otot besar betis – otot gastrocnemius dan otot soleus – ke bagian belakang tulang tumit. Bila dibebani oleh stres terlalu tinggi, tendon Achilles akan mengencang dan terpaksa bekerja terlalu keras, dan pada akhirnya tendon meradang. Peradangan inilah yang disebut Achilles Tendinitis. Biasanya terjadi pada pelari yang tiba-tiba meningkatkan intensitas atau durasi latihan mereka dan juga pada orang paruh baya ketika melakukan berbagai olahraga seperti tenis atau basket.
Gejala Achilles Tendinitis ditandai dengan rasa sakit di sepanjang area tendon yang biasanya rasa sakit terfokus pada bagian bawah dekat
tumit. Gejala lainnya adalah berkurangnya fleksibilitas pergelangan kaki serta kulit di daerah yang terasa sakit berwarna kemerahan dan terasa panas.
2. Ruptur tendon Achilles
    Ruptur tendon ini terjadi terutama pada olahragawan laki-laki pada dekade ke-3 sampai ke-5. Terjadi pada olah raga basket, tenis, lompat jauh, dan ski. Ruptur umumnya terjadi pada 2-6 cm di atas insersi tendon pada kalkaneus pada daerah yang perdarahannya sedikit. Sisi kanan lebih sering terkena daripada sisi kiri. Gejala umum berupa tarikan tiba-tiba diikuti suara keras (audible snap). Pasien merasa otot betisnya seperti dipukul. Seringkali nyeri dapat hilang dan pasien tetap dapat berjalan. Terdapat kelemahan pada saat plantar fleksi. Tanda klinis tendon yang sakit akan tampak lebih tebal dan adanya celah dapat diraba. Seringkali juga terdapat memar dan bengkak.
3. Cedera tendon Patella (Tendinitis Patella)
    Tendon patella adalah tendon pada lulut yang menghubungkan tempurung lutut ke tulang kering. Tendon ini berperan penting untuk menggerakkan otot-otot kaki dengan cara membantu otot meregangkan lulut. Ketika tendon patella mendapatkan tekanan yang berulang maka tendon akan menyebabkan tendon robek dan apabila tidak ditangani dengan cepat maka lama-kelamaan robekan akan semakin membesar dan menyebabkan terjadinya peradangan.
Gejala yang paling tampak adalah nyeri di bagian tendon patella antara tempurung lutut dengan perlekatan tendon dengan tulang kering.
4. Kerusakan tendon yaitu sobek atau pecah.
    Tendon dapat teriris putus karena kecelakaan atau perkelahian.

G. DAFTAR PUSTAKA
     Suratun dkk. 2008. Klien Gangguan Sistem Muskuloskeletal: Seri Asuhan Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
     http://www.ilmudasar.com/2016/05/Pengertian-Struktur-Fungsi-Tendon-Adalah.html diakses pada hari Minggu, 1 Oktober 2017 pukul 20.42 WIB
     http://www.softilmu.com/2015/10/Pengertian-Macam-Cedera-Tendon-Adalah.html diakses pada hari Minggu, 1 Oktober 2017 pukul 21.22 WIB

H. DAFTAR GAMBAR
     https://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwisrPHlvc_WAhXJpZQKHeWtCj0QjRwIBw&url=https%3A%2F%2Fvearlemedicalart.com%2Fgallery-2%2Fstructure-of-tendons%2F&psig=AOvVaw1LPxegglvRS5kuLSiiDpaf&ust=1506949269011036 diakses pada hari Minggu, 1 Oktober 2017 pukul 20.16 WIB

No comments:

Post a Comment