Pengalaman Mendaftar Poltekkes Kemenkes Surakarta 2016

Malam sobat. Malam ini saya akan bercerita ketika saya mendaftar Poltekkes Kemenkes surakarta.
Sejujurnya saya waktu itu tidak terlalu suka dengan jurusan kesehatan. Karena materi yang dihafal buanyak banget dan saat SMA tidak ada bayangan sama sekali ke jurusan kesehatan.
          Setelah lulus SMA saya bingung kemana saya akan melanjutkan belajar. Maklum, dulu masih banyak impian yang ingin diraih tapi tidak tahu jalan yang akan menghantarkan. Ditambah saya dulu juga tidak bisa ikut SNMPTN dikarenakan tidak lolos seleksi paralel sekolah. Beberapa Perguruan Tinggi Negeri/ PTN saya daftari, mulai dari PKN STAN, IAIN Surakarta, UIN Surakarta, hingga Poltekkes Surakarta. Dan saya tidak daftar SBMPTN, sakit hati udah gak lolos SNMPTN.
          Singkat cerita saya disarankan orang tua saya ke Poltekkes Surakarta. Mengingat dekatnya jarak kampus dengan rumah dan peluang kerja lebih besar. Waktu itu saya iyakan karena saya sudah lolos di sebuah PTN.. Iseng-iseng saya daftar sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang telah diinformasikan oleh panitia seleksi. Awalnya saya daftar lewat jalur Penelusuran Minat Dan Prestasi/ PMDP. Pilihan pertama saya jatuh pada Jurusan Jamu. Hah.... jamu? serius?. Iya serius saya, dulu ada kenalan dari poltekkes dan dia jurusannya jamu, jadi saya kepoin dia dan tertariklah saya pada jurusan tersebut.
          Saya lengkapi berkas dan isian online, waktu pengumuman tiba, ternyata saya lolos. Setelah saya tahu saya lolos saya senang bercampur bingung. Senang karena ketrima, bingung karena saya juga sudah lolos di PTN lain. Akhirnya saya memilih Poltekkes Kemenkes Surakarta dan merelakan PTN awal tadi.
Masih ada tahapan tes lagi sebelum betul-betul diterima di poltekkes. Yakni tes kesehatan. Tes kesehatannya waktu itu: tinggi badan, berat badan, tes mata, tes buta warna, tensi, tes darah, tes dokter, dan tes urin. Berhubung tes kesehatan waktu itu jalur PMDP tidak banyak antrian, tes berjalan dengan lancar dan cepat.
Menunggu pengumuman tes kesehatan tidak terlalu lama. Selang beberapa hari pengumuman dapat dilihat secara online. Saya pun lolos lagi, Alhamdulillah.
          Langkah selanjutnya tinggal membayar biaya UKT/SPP, PPS/ospek, dan seragam. Untuk pembayaran kita mau atau tidak mau harus membayarnya. Diberi waktu hanya seminggu. Kecuali yang biaya PPS, dapat kelonggaran pembayaran lebih lama.
          Waktu itu saya baru sempat membayar biaya UKT, orang tua suruh saya ikut lagi jalur uji tulis untuk ke Jurusan Okupasi Terapi. Saya menolak sebetulnya karena saya gak mau lagi belajar untuk pesiapannya. Namun karena diberi informasi sekilas tentang Jurusan Okupasi Terapi dari orang tua akhirnya saya iyakan. Seminggu sebelum penutupan jalur uji tulis Poltekkes Kemenkes Surakarta saya mendaftarakan diri dengan memilih Jurusan OkupasiTerapi. Dengan waktu yang begitu mepet tidak memungkinkan saya untuk belajar. Tes pun saya hanya mengandalkan sisa-sisa belajar materi UN yang masih samar-samar lupa di otak saya. Wkwkwkkk...
          Waktu pengumuman tiba dan saya cek di web sipenmaru poltekkes ternyata saya lolos. saya senang sekali karena mungkin ini jalan saya yang ditakdirkan oleh Sang Kholiq. Pasalnya saat saya uji tulis di salah satu PTN saya tidak lolos. Padahal sudah saya niatkan untuk belajar siang dan malam. Tapi kalau bukan takdirnya ya tidak akan bisa masuk.
          Lanjut tes kesehatan, saat jalur uji tulis, tes kesehatan diselenggarakan waktu Bulan Ramadhan dan pengalaman banget karena ditusuk jarum lagi, jadi dua kali ditusuk jarum. Strong banget dah... Yang diteskan pun sama seperti saat jalur PMDP. Bedanya jalur uji tulis, tes kesehatannya pesertanya membludak. banyak calon mahasiswa yang ikut tes kesehatan. Bahkan waktu itu sampai antri 2 jam lebih. Ngoyot di sana.
           Pengumuman tes kesehatan sama juga seperti jalur PMDP beberapa hari dan dapat dilihat secara online. Saya cek pengumuman milik saya sendiri dan Alhamdulillah saya lolos. Akhirnya di sini yang bikin bimbang banget. Antara lanjut jamu atau okupasi terapi. Soalnya di Jurusan Jamu saya sudah bayar UKT yang lumayan menguras kantong orang tua. Dengan saran orang tua akhirnya saya memilih Jurusan Okupasi Terapi.
          Setelah bayar biaya UKT, seragam dan PPS berakhirnya masa pusing milih kuliah kemana. Tinggal menunggu tanggal masuk pertama untuk PPS.
Dan sampai jumpa di Jurusan Okupasi Terapi. :D

125 comments:

  1. Assalamualaikum kak.
    Kak saya mau tanya, kalau tes kesehatan itu ada batas max buat mata minus nggak kak? kalau tinggi dan berat badan ada ketentuannya nggak kak?

    Untuk PMDP poltekes apa harus ada sertifikat menang lomba atau nilai saja kira-kira bisa diterima nggak kak?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumselam wrt.
      Untuk mata minus saya kurang tau batasnya berapa. Tapi yg penting kamu pas di tes mata bisa baca kemungkinan besar lolos. Soalnya saya dulu juga sempet salah salah bacanya.
      Untuk berat badan kalau bisa sesuai proporsi. Tapi temenku ada juga kok yg lumayan gemuk.
      Jadi santaiii untuk tes kesehatan.

      Untuk jalur PMDP kalau bisa masukin semua sertifikat/ yg paling bagus. Ada poin plusnya soalnya.

      Delete
    2. Kak kalau soal tinggi badan dan berat badan ketentuannya berapa?

      Delete
    3. Hai kak .Dipersysratan sudah dicantumkan kok. Lebih teliti lagi ya kak. Thanks

      Delete
  2. Assalamualaikum kak. Kalau untuk tesnya sendiri materi apa aja kak? Apakah berbarengan sama sekolah kedinasan lainnya kak? Terima kasih

    ReplyDelete
  3. waalaykumsalam warohmatulloh.
    seingat saya bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika, fisika, kimia, tpa.
    kurang tau saya untuk sekarang, dulu gak barengan kok.

    ReplyDelete
  4. itu sertifikat kagak harus provinsi gimana ?

    ReplyDelete
  5. saya tidak tahu apakah itu mempengaruhi atau tidak. Tapi usahakan diisi.

    ReplyDelete
  6. UKT nya itu apa yg ada di list dftr biaya pendidikan itu kak? Trus apa harus dibayar sesui waktu yg ditentuin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. biaya sesuai juusan yang tertulis. semua biaya diberitahukan secara transparan dan kalau masih mengganjal bisa minta informasi pada pihak yang berwenang di jurusan/rektorat.
      untuk pembayaran ada tenggang waktu. biasanya saat daftar pertama itu 1 minggu jangka waktunya.

      Delete
  7. Kak masih ada contoh soal ujian tulisnya? Kalo ada share dong kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, saya lupa menyimpannya di mana. jadi tidak ada.

      Delete
  8. Assalamualaikum kak, mau tanya, di poltekes ska tes kesehatannya ada psikotes? Terimakasih πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumsalam wrt. Tesnya seputar yang saya tulis di artikel ini. Terima kasih.

      Delete
  9. kak,tes kesehatanyang jalur pmdp rata-rata apa hampir semua lolos?

    ReplyDelete
  10. kak tes dokter itu maksudnya yang seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang mengetahui apa saja yang diteskan. Tesnya mudah dan terkesan sepele. Masuk ke bilik dan ditanyain sama dokternya, kemudian duduk dan berbaring di kasur. Pokoknya gak kerasa kalau itu diperiksa.

      Delete
  11. Kak tesnya di univnya apa bisa di tempat lain kak. Sayakan dari lampung, tesnya bisa di lampung apa langsung ke universitas nya kak. Mohon dijawab ya kak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalur uji tulis semua tes di politekniknya. Biasanya poltekkes surakarta menyelenggarakan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.
      Apabila mengambil jalur lintas provinsi, uji tulis bisa dilaksanakan di politeknik terdekat yang melaksanakannya. Namun, saat uji kesehatan tetap harus di poltekkes surakarta.

      Delete
  12. Kak kalau lokasinya tes tulis itu dulu sudah ditentukan atau belum, soalnya tak tahun ini saya daftar di kartu pesertanya tdk ada lokasi tesnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya poltekkes surakarta menyelenggarakan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.
      Selalu cek informasi terbaru di web Poltekkes Surakarta ya. Terima kasih.

      Delete
  13. Kakak sekarang semester berapa? Besok aku tes kesehatan di poltekkes surakarta jam 8. Ruangannya dimana ya kak?

    ReplyDelete
  14. Tes kesehatan itu yg di tes apa aja kak??? Dn apakah ada yg tidak lolos tes kesehatan setelah lolos ujian tulis jalur umum???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di postingan ini sudah saya cantumkan tentang tes kesehatan. Ada yang tidak lolos tes kesehatan jalur tulis.

      Delete
  15. Kak saya mau masuk poltekkes malang. Alhamdulillah tinggal tes kesehatan
    Apa aja yang perlu diperhatikan agar lulus tes kesehatan kak?
    Soalnya deg"an banget
    Ini tes terakhir. Kalau gak lolos sayang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Jaga kesehatan dan kalau mempunyai kekurangan segera benahi. Semoga lolos ya. Aamiin.

      Delete
  16. Kak mau nanya kalau pengisian blangko seragam seperti ap y? Ad contohnya? Saya tidak mengerti mengisi bagian kain batik..
    Terima kasish

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan baca dengan seksama blangkonya. Terima kasih. :D

      Delete
  17. Tes dokter, itu di tes apa aja min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan searching di internet. Terima kasih. :D

      Delete
  18. untuk jalur pmdp, berkasnya harus diserahkan langung ke polteknya atau bisa lewat pos ya ka? kalau di OT adakah fasilitas asramanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkas bisa dikirim lewat pos ke poltekkes. Di Poltekkes tidak ada asrama kecuali bidan. Tapi tenang, di kampus 2 ada banyak kos2an yang murah. Semaangattt...

      Delete
    2. Kak berkas nya apa aja yang dibawa untuk penyerahan dan verifikasi berkas?

      Delete
  19. Kak bayarnya di poltekkes berpa yaa? Trus belajarnya brpa semester?

    ReplyDelete
  20. https://ibrahimoccupationaltherapy.blogspot.com/2018/01/pendaftaran-mahasiswa-baru-poltekkes.html
    link di atas terdapat lampiran biaya kuliah.
    D3 3 tahun
    D4 4 tahun

    ReplyDelete
  21. Kak selain bayar UKT ada lagi ga? Apa cuma UKT doang? Terus praktik klinik itu bayar lagi ga ka?

    ReplyDelete
  22. masuk awal cuma UKT saja.
    Praktek klinis bayar pakai uang pribadi dahulu nanti diganti kampus.

    ReplyDelete
  23. Kak mau tanya nilai raport kakak waktu itu berapa berapa yaa?

    ReplyDelete
  24. Kak mau tanya nilai raport kakak waktu itu berapa berapa yaa?

    ReplyDelete
  25. Kalau jalur PMDP kan pakai nilai raport,itu minimal nilainya kan 7.kalau semua nilai uda melebihi 7 bisa lolos kak? Makasih..

    ReplyDelete
  26. Bisa jadi, namun tidak sesimpel itu.
    Untuk proses seleksi saya kurang tahu, itu persoalan intern Poltekkes Surakarta. Saya hanya menyampaikan sepengetahuan saya dan kapasitas saya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  27. Kak mau tanya, pengumuman tes kesehatan itu berarti setelah pengumuman pmdp?
    Dan waktu tes kesehatan diumumkan berapa bulan sejak lulus pmdp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sudah ada jadwalnya mulai dari pendaftaran sampai jadwal masuk.
      Untuk lebih detail di web sipenmaru pas pengumuman pmdp kamu dapat hari apa sama jam berapa.
      Lebih jelas silakan buka web poltekkes. www.poltekkes-solo.ac.id

      Delete
  28. Kak, untuk tempat kos disekitar kampus kira kira harganya berapa ya kak?

    ReplyDelete
  29. Harga bervariasi.
    Kampus 1: 400->800rb. Agak sulit menemukan kos disekitar kampus yang dekat. Biasanya agak jauh karena kontur tanah yang landai dan area pabrik.
    Kampus 2: 250->700rb. Silakan mensurvei. Karena banyak banget kosnya. Kos cewek lebih banyak dari pada laki2.
    Kampus 3: kurang tahu. Tapi pernah survei pas tahun 2016 sekitar >300k untuk cowok dan jauh dari kampus.

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum
    Kalo pake bidikmisi sih gimana caranya kak?
    Terus kalo tes kesehatan itu berarti kita harus ke unnivnya kak?
    Tolong di jawab kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaalaikumsalam Wrt.
      Tidak bisa bidikmisi karena sudah beda instansi pemerintahan.
      iyaa harus ke kampusnya kecuali yang jalur lintas provinsi, bisa tes kesehatan di tempat yang sudah ditentukan di provinsi domisili.

      Delete
  31. Kak kalo saya mengisi biodata jlur pmdp tinggi badanya kurang sesuai itu gimana berpengaruh tidak sma tes kesehatanya mohon sekalii utk dijawab

    ReplyDelete
  32. Ikuti saja persyaratan insyallah kalau rejeki tidak tertukar. hehe... semangat!!!

    ReplyDelete
  33. Kak dulu waktu masuk nilai rata2nya berapa ya? Dan mungkin kalau tau tahun 2018 yg diterima nilai raport rata2nya paling rendah berapa?

    ReplyDelete
  34. Salam. Tidak sampai 8.
    Saya kurang tahu soal nilai karena tidak dipublikasikan pihak panitia.

    ReplyDelete
  35. Kak kalau masuk keperawatan apakah susah ya masuknya lewat pmdp? Dan waktu tes kesehatan gigi apakah gigi berlubang dan dicabut masih bisa masuk? Mohon dijawab kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam. Bukan kapasitas saya menjawab hal tersebut. Silakan lihat di sipenmaru sudah berapa banyak yang mendaftar di jurusan keperawatan.
      Pengalaman saya, gigi saya juga dicabut bisa lolos. Namun hal tersebut tidak bisa digeneralisasikan ke semua kasus. Mungkin saya bejo saja.
      Semoga menjawab. Thaanks.

      Delete
  36. Kak di jalur pmdp tuh, harus melampirkan sertifikat ya kak?

    ReplyDelete
  37. kak saya kan mau masuk ke poltekkes surakarta tapi saya gemuk berat nya 65 tinggi nya 155 itu bakal lolos nggak kk ?

    ReplyDelete
  38. Saya bukan panitia sipenmaru. hehe
    Silakan cari di internet "Body Mass Index" untuk mengetahui BB kamu sudah standar atau belum. Semangaattttt!!!....

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum kak.. apakah soal" di jalur uji tulis mudah? Dan jurusan keperawatan jalur pmdp kenapa sulit masuknya ya kak? saya lihat hanya 1-2 yang keterima keperawatan jalur pmdp umum kak.. kenapa ya kak? Siapa tau kakak tau alasannya.. makasih kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrt.
      Belajar aja masih sulit apa lagi tidak belajar. Yuk semangat belajar!!!... Hehe
      Soal itu saya kurang tahu. Mungkin km bisa mengira kalau semakin besar jumlah pendaftar sementara kuota tetap maka dapat dipastikan peluang lolos semakin kecil.

      Delete
  40. Assalamualaikum kak, saya dari Surabaya mau ke kampus 2 fisioterapi,kalau naik kereta api turun stasiun solo mana yg terdekat dengan kampus, lalu angkutan umumnya naik apa dari stasiun tadi? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Mau survey nih?
      Mantap.
      Kalau naik kereta api turun saja di stasiun purwosari. Nanti naik gojek/grab ke kampus 2. Soalnya daerah kampus dua jarang angkutan umum.

      Delete
    2. Terima kasih atas informasinya kak, salam sukses selalu buat kakak

      Delete
    3. Sekalian tanya lagi kak, penginapan di sekitar stasiun Purwosari yg murah ada gak ya kak? Terima kasih

      Delete
    4. Murah itu relatif. heheh... Silakan buka aplikasi penginapan nanti banyak hotel di dekat St. Purwosari.
      Atau kalau mau irit lagi bisa menginap di rumah atau kos kerabat atau teman.

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Kak mau tanya harga kos di sekitar kampus 2 rata" berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pernah saya bahas di kolom komentar. Budayakan membaca. Semangaattt!!!!

      Delete
  43. Kak kalau gigi berlubang sama gigi yang di cabut ngaruh ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pernah saya bahas di kolom komentar. Budayakan membaca. Semangaattt!!!!

      Delete
  44. Assalamualaikum,
    selamat malam k', saya salah seorang siswa berasal dari Bima NTB, InsyaAllah tahun ini saya ingin kuliah di jurusan Okupasi Terapi juga. Saya minta sarannya bagaimana kisi2 soal untuk ujian tulisanya k', karena besar harapan saya bisa lolos di Poltekkes Surakarta tersebut.
    Terimakasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrt.
      Wah OT ya. Mantap. Tapi maaf saya tidak punya kisi2 soal uji tulis.
      Mungkin bisa cari di internet atau buku kumpulan soal2 uji tulis polska.
      Semoga berhasil. Semangaatt

      Delete
  45. Assalamu'alaikum
    Saya telah dinyatakan lulus utama jalur pmdp .saya bingung, langkah selanjutnya itu apa ya kak? Ada yang bilang kita harus registrasi ulang dan mendownload kartu peserta. Cuma tidak tau harus registrasi dimana. Atau saya langsung datang saja ke tempat pelaksanaan tes kesehatan dan melakukan tes?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrt.
      Silakan ikuti alurnya di postingan terakhir saya mengenai pembukaan sipenmaru 2019, di sana ada link mengenai alurnya. Semoga bermanfaat. Semangaattt

      Delete
  46. Assalamualaikum kak. Mohon bantuannya,mekanisme pendaftaran jalur lintas provinsi gmna? Cara pendaftaran nya di poltekkes di provinsi kita atau poltekkes yang ingin ditujuh. Mohon bantuannya kak, terimakasih

    ReplyDelete
  47. Waalaikumsalam wrt. Mohon maaf sebelumnya, saya tidak mengetahui jalur lintas provinsi. Kalau kata teman itu seleksinya dan tes di salah satu poltekkes di provinsi masing2.

    ReplyDelete
  48. Kak, kalau misalnya udh lolos jalur PMDP udh sampe Regis juga. Trs Mau coba tes STIS, jika lolos juga. Apakah ngaruh terhadap sklh atau adek kelasnya jika saya ga ambil poltekkes nya?

    ReplyDelete
  49. Hai kak salam kenal, aku juga dari solo mau daftar poltekkes solo
    Kalau boleh tau kakak dulu pas sma jurusannya apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak nur. saat SMA saya jurusan IPA. :)

      Delete
    2. Assalamualaikum kak, saya kurang mengerti jalur pmdp itu daftar nya dari sekolah seperti undangan atau kita yg daftar sendiri ya kak?

      Delete
    3. Waalaikumsalam wrt.
      untuk jalur pmdp kita daftar sendiri dengan sistem online ya. Silakan langsung ke web sipenmaru poltekkes kemenkes surakarta.

      Delete
  50. Permisi kak,poltekkes itu kedinasan ya,nah setelah lulus atau wisuda langsung dapat pekerjaan dr kampus atau cari sendiri ya terimakasih kak

    ReplyDelete
  51. Halo kak. Kalau di poltekkes itu kampus kedinasan di bawah Kementerian Kesehatan yah jadi tidak ada perjanjian setelah lulus harus bekerja di Kementerian Kesehatan alias cari sendiri.
    Kalau di kampus ikatan dinas itu ada perjanjiannya seperti PKN-STAN.
    Semoga membantu kak.

    ReplyDelete
  52. halo,pada saat pmdp kakak melampirkan sertifikat apa ya?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak. Kalau saya melampirkan surat keterangan kepengurusan OSIS dan beberapa lomba.

      Delete
  53. Kak, kalau kakak kan ketrima PMDP, trs bisa daftar ujian tulis lagi, misalkan tidak diterima jalur pmdp apa masih bisa mendaftar jalur tulis?

    Mau nanya sekalian juga kak, kira2 kalau rerata hanya 85 itu bisa lolos PMDP gak ya kak?
    Makasih kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kak. Tinggal daftar saja.

      Kalau soal rerata saya kurang tahu kak. Maklum bukan orang dalam. Hehe.

      Delete
  54. permisi kak saya mau tanya, untuk jalu PMDP sertifikat yang dilampirkan apakah harus sertifikat non-akademik? jika melampirkan setifikat olimpiade apakah bisa?

    ReplyDelete
  55. Kak sertifikat piagam
    nya itu apakah harus dilegalisir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai persyaratan ya kak. Apabila tidak ada di persyaratan ya tidak usah.

      Delete
  56. Kak apa sertifikatnya harus yang lomba kak? Terus kan ada persyaratan minimal harus tingkat provinsi ya, berarti kabupaten ga boleh kan kak? Soalnya saya punya beberapa sertifikat organisasi juga, tapi ga ada yang saya lampiran setelah tau syaratnya harus tingkat provinsi.

    ReplyDelete
  57. Coba saja dilampirkan kak. Siapa tahu rejeki kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ga saya cantumin pas isi pendaftaran kak, apa gapapa kalo diberkasnya ada kak ?

      Delete
    2. kalau masih bisa diperbaiki ya diperbaiki tapi kalau sudah terlanjur ya banyak2 berdoa kak. hehe...

      Delete
    3. Kak mau tanya, d3 sama d4 keperawatan sih peminatnya banyakan mana ?

      Delete
    4. Silakan lihat di web sipenmaru kak. Sudah ada jumlah pelamarnya berapa.

      Delete
  58. kak saya dari smk keperawatan kalau mendaftar di jurusan keperawatan apakah sudah terjami masuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak, saya bukan dukun atau orang dalam. Saya cuma berbagi pengalaman saja.

      Delete
  59. Kak seumpama daftar jalur pmdp tidak memakai sertifikat apakah bisa?

    ReplyDelete
  60. apakah yang membuat seseorang tidak lolos tes kesehatan kak? (siapa tau kakak punya temen yg maaf belum lolos di tes kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu saya kak. Ada teman saya yang tidak lolos tapi juga kurang tahu kenapa kok tidak lolos.

      Delete
  61. Assalamu'alaikum ka saya mau tanya jika tes kesehatan gagal apakah tetap lolos karena sebelumnya utul sipenmaru sudah lolos? Saya harap dibalas ka, terimakasih πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wrt. Bisa saja kak. biasanya saat seleksi kita diperingkat. nah jika ada yg diterima namun mengundurkan diri bisa saja urutan bawahnya dihubungi pihak panitia.

      Delete
  62. Assalamualaikum kak, kalok sudah tes kesehatan, apa masi ada tes lagi?

    ReplyDelete
  63. Waalaikumsalam Wrt. Di pengumuman mahasiswa baru sudah ada tahapannya kak. Mangga dibaca dulu.

    ReplyDelete
  64. Hallo kak untuk biaya dpp apa bisa dicicil ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf setahu saya tidak bisa karena ikut pusat jadi harus sesuai tanggal pembayaran.

      Delete
  65. Permisi kak, kan saya dari di kalimantan timur. Itu berarti saya daftranya yg jalur lintas provinsi kah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung daftar jalur gakin atau uji tulis bisa kak.

      Delete
  66. assalamualaikum kak,saya mau tanya,apakah saat tes kesehatan di Poltekkes Surakarta ada tes kesehatan gigi? Saya berharap pertanyaan saya di jawabπŸ™

    ReplyDelete
  67. Kak mau tanya bagi yang minus apakah tes nya gaboleh pake kacamata? Tes nya baca tulisan kecil / besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaca mata dilepas. untuk tesnya googling aja kak. di internet ada contohnya kok.

      Delete
  68. Assalamualaikum kak saya mau tanya kalau lewat jalur pmdp kalau nilainya bahasa Inggris ada satu yang turun kemungkinan bisa masuk atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Wrt. Mohon maaf saya tidak tahu kak.

      Delete
  69. Maaf kak sya mau tanya saya ragu" untuk ikut jalur simama dan sya memilih jalur mandiri apakah peluang lolos di jalur mandiri besar dan nilai raport sya di semester satu dan dua agak drop tapi semester 3 keatas naik kak apakah bisa lolos dan berapa standar nilai ujian tulisπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak saya tidak tahu lolos apa tidak. Silakan dicoba semaksimal mungkin. yang jelas jalur uji tulis lebih berpeluang dari pada jalur rapot.

      Delete
  70. Kak permisi saya mau tanya kalau di panduan registrasi tertulis ukt nya 5 jt. Apa nanti semester 2 nya ada pengurangan? Soalnya saya mencantumkan gaji ortunya dibawah 3jt. Mohon dibalas ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak. Untuk UKT dari awal masuk sampai lulus tetap ya. Misalkan di pengumuman tulisannya 5,7jt berarti sampai lulus ya segitu aja, tidak kurang dan tidak tambah.

      Delete
  71. Sedang nyari alat kesehatan untuk di rumah ? atau sedang nyari alkes di daerah Sigi? gak nemu nemu? yuk cek ajah di Distributor alat kesehatan Sigi

    ReplyDelete